Indonesia Banget (Part 2)

Originally posted on 20th April 2014

untuk post selanjutnya, gw juga sekaligus pengen nanya..

Kapan terakhir kalian membeli lagu?

membeli lagu bisa dalam bentuk apa aja, baik digital mp3, cd, ataupun vinyl atau kaset. Yang penting ga ngebajak gratis aja.
kalo kalian mendukung musisi favorit kalian secara benar, baguslah
ngebajak sih boleh2 aja (gw juga kadang langsung main donlod aja ) tapi ga boleh keseringan dongs.

pertanyaan selanjutnya..

Kapan terakhir kalian membeli lagu dari musisi tanah air?

kalo hampir ga pernah, wah lu gawat banget.. rasa nasionalis kalian gmn.. katanya pengen musik indo bagus, tapi ga pernah ngedukung. gmn ceritanya? koq malah lagu luar terus yang didengerin? o.O

gw terakhir beli CD itu yaaa pas record store day 

Antologi Semakbelukar

Semakbelukar itu salah satu band favorit gw. Gw juga baru denger ada band yang namanya Semakbelukar lewat media2 sosial. begitu gw denger, gw sih langsung jatoh cinta
Semakbelukar itu band yang alirannya Folk-melayu yang berasal dari Palembang. (genre mah tergantung selera, jadi bisa aja kalian suka, bisa juga tidak.. genre itu relatif) (I love folk music, that is definite)

Gw baru tau pas mereka merilis album mereka yang terbaru di tahun 2013. Sayangnya, di saat gw baru menemukan ini band dan membeli CD mereka, ternyata band ini juga katanya uda berencana bubar
Bagi gw itu beteee bangett. istilahnya gw baru ketemu berlian gede dan tiba2 berliannya jatoh ke jurang.. beteee banget..

ga tau alesannya apa kenapa bubar.. yang pasti gw sih kecewa karena menurut gw potensinya ada gitu..

apa karena kurang dana? atau justru ada perselisihan? atau ada project lain? gw kurang tau ya.. kan kita bebas berasumsi (tapi ga boleh nyebarin gossip huehehe)

anyway, bayangin kalo musisi favorit kalian tiba2 bilang bakal bubar atau bakal vakum permanen dari dunia musik, dan alasannya ternyata alasan kurang dana.. pasti bete banget dong?
jangan salah, ini jelas banget bisa terjadi.. apalagi banyaknya pembajakan yang terjadi di era digital ini.

kalo gw denger dari satu sumber (sensor), bagi musisi-musisi jaman sekarang, kalo CD mereka bisa kejual aja itu bakalan sesuatu banget.. karena pada kenyataannya CD itu sekarang juga pembelinya ga sebanyak jaman dulu.. bayangin aja modal buat ngerekam lagu brp, belom lagi biaya distribusi dan bayar pihak-pihak yang bekerja di belakang untuk promosi dan segala macem. pasti gede banget..

makanya orang2 yang uda bekerja di industri musik bilang, jadi musisi sekarang uda susah kalo ngandelin penjualan fisik doank. paling ngga harus nyari duit tambahan lewat manggung, atau bahkan kerja tambahan untuk menutupi kekurangan. kerja di dunia musik jadinya cuman untuk hobi doank dong.

gw sendiri akhirnya janji sendiri, kalo untuk lagu indo, gw bakal rela untuk ngeluarin duit jajan gw.. soalnya bagi gw musik indo kalo uda bagus itu sesuatu banget..

kalo buat lagu2 rilisan luar, gw sih tetep ngebajak  istilahnya sih kalo luar negri pasti omset masuknya mayan gede, dan yang beli harus dari negara mereka sendiri juga
tapi kalo di indo, belum tentu kan orang luar bakal beli? mau ga mau musti orang dalam negri sendiri yang ngedukung dong?

bagi kalian semua yang lagi baca ini, coba deh sekali aja beli cd indo.. ga mahal koq  sekarang rangenya sih 25rb-50rb… rata-rata sih 35rb yang paling banyak (kalo label indie) dan 50rb (label major)

kalo uda nyampe 75rb berarti uda mustinya sesuatu banget tuh lagunya (Tendostars gw beli cdnya gede banget dah casingnya)

nanti sih alesannya pasti banyak nih..

Ga mau ah, lagu indo ga ada yang bagus.. abal2 semua

bull shit.. lu aja yang males nyari.. dan kalo lu mau nyari pasti ada yang bagus

Beli cd sekarang mahal banget.. ngapain buang2 duit buat beli lagu?

bull shit juga.. sekarang tiket nonton aja bisa sampe 50rb dan kalian rela gitu beli bahkan brp kali nonton di hari yg sama..
starbucks aja sekarang 35rban dan biasanya kalo beli juga langsung abis..
belom go cha, froyo, es krim, dan barang2 lainnya..

jadi kalo dipikir, cd sebenernya murah kan? dan kalian bisa simpen lama lagi.

sekali2 coba aja beli cd, rasain sensasinya kalo mendukung musisi yang kalian suka.
dan jangan lupa buat mendukung musisi tanah air! karena indo sendiri sekarang sudah mulai berkembang ke arah yang lebih baik 

Tinggalkan Balasan

