Depression. Part 3

Originally posted on 2nd March 2014

 

Liburan
Bagi gw sendiri, liburan kemaren itu lumayan menyenangkan.
Mungkin setelah merasa (sangat) jenuh di semester2 lalu, gw merasa musti menyegarkan pikiran.. at least for the time being..

Liburan pertengahan tahun, gw pun pergi untuk kunjungan pabrik (bersama teman2 angkatan) ke daerah jawa timur (tour by bus)

di bus, gw duduk paling belakang.
sepertinya gw nyadar kalo gw emang perlu waktu untuk sendirian aja, mengingat semester2 lalu gw (sepertinya) hampir gila..

meskipun duduk paling belakang, gw gw merasa mual atau apa2.. (I’m tough baby! )

banyak yang bilang duduk di belakang bikin pusing banget soalnya.. well, i can suck it up by sleeping~

tour di bus sekitar 5 hari ke pabrik-pabrik, salah satunya pabrik sosro dan pabrik audio mobil.

Pabrik di sosro itu.. panas sekali yak. apalagi di bagian boiler.. fiuh.. so damn hot inside.. mana di dalam disuruh pake jaket sama iket rambut lagi.. 

pabrik audio mobil.. ke sana yang paling menarik sih bagian quality controlnya.. ntar ada bunyi aneh2 kyk suara tinggi gitu melengking2 (gw ga bisa cari videonya di youtube.. sorry  )

sebenernya tur gw ke pabrik2 gini ga terlalu bikin gw semangat.. sepertinya masih ada perasaan terpaksa kalo harus liburan ke pabrik 

I don’t know what I was thinking back then.. sebenernya kalo diinget2, banyak hal seru di pabrik. (baru menyesal di kemudian hari gitu deh) pale

Yang seru itu pas pergi ke bali… (dilanjutkan di entry yang akan datang )

Kerja Praktik
Setelah liburan dari Bali.. gw pun harus menerima kenyataan.. bahwa liburan gw telah berakhir!

For me, it’s back to reality again. Dan mengingat gw masih banyak masalah (my mind is still fucked up), bagi gw berupa cobaan besar.
Gw pun harus kerja praktik di suatu pabrik, dan ini diwajibkan dari jurusan gw sebagai salah satu syarat lulus

Di dalam kepala, gw sebenernya lagi menghadapi perang pikiran (like mind battle) tentang masalah hidup gw. Kepikiran gw salah banget masuk jurusan ini, gw juga nanti ga bakal mau kerja di pabrik jadi kenapa gw musti kerja praktik di sini?? 

(ceritanya sih gw emang punya tujuan yang spesifik dari dulu, but that I’ll share next time  intinya gw males kerja di pabrik)

akhirnya dengan terpaksa dan berat hati, gw musti menjalani 2 bulan ini cuman demi lulus doank. 

 

gw kerja praktik di Karawang, di suatu pabrik otomotif yang namanya PT. XXX (I’m not saying anything )

 

masa2 gw di Karawang sebenernya antara bikin stress atau lucu juga sih sebenernya. Gw anggep juga sebagai masa liburan gw karena gw menjelajahi kota baru
kapan2 gw ceritain deh Karawang gimana.

Untuk kerja praktik, gw diwajibkan untuk membuat laporan.. mirip skripsi, tapi bedanya dikerjain berkelompok.

Awal-awal kerja, sekelompok gw bener2 ga tau mau ambil topik tentang apa
mana kita juga bingung dengan sistem pabrik kyk gmn..

pabrik yg gw teliti masalahnya banyak banget! saking banyaknya, petinggi pabriknya kyk berharap besar gitu ke kita (jadi merasa ga enak gimanaaa gitu) dan kita jadi bingung mau ambil topik tentang apa yang bisa kita perbaiki

untung aja, di pabrik sini ada pembimbingnya juga, jadi kita juga ada arahan musti ngapain..
Consider us lucky enough… soalnya kalo mendengar kabar dari kelompok-kelompok lain di pabrik-pabrik yang berbeda dan juga di kota-kota yang berbeda juga, mereka ada yang bahkan ga diarahin musti ngapain, jadi musti cari topik sendiri dan kadang bisa luntang lantung ga jelas di pabrik itu..
nyari data itu susah banget lagi, apalagi kalo orang-orang di pabriknya ga kooperatif dalam menjawab dan memberikan data.

awal-awal masa kerja, gw merasa.. capek banget..
capeknya lebih ke arah mental sih.. karena gw masih menolak fakta kalo gw kerja di pabrik (uda kyk fase coming out aja ya )

selain itu, gw juga mendapat kurang tidur karena kos yang gw tempatin waktu itu lembab dan debuan banget.. kosnya rada ga dapet sirkulasi udara sih huhu
nyamuknya juga banyak lagi.. (nyamuk di karawang itu oomaaiigadd.. meskipun uda pake hit electric tetep aja dah dateng teruusss) 

minggu2 awal di sana gw pun akhirnya bergantung penuh pada temen sekelompok gw untuk memikirkan ide apa yang bisa kita kerjain di pabrik (masa2 depresi itu berat bro, lu ga bakal bisa mikir apa2)
di pabrik juga akhirnya gw banyak tidur buat mencoba menyegarkan pikiran

di karawang, gw lepas dari kegiatan gym dan jogging. mau gmn lagi, tempat gym juga jauh banget dari kos gw.. dan kalo mau jogging, tempatnya panas banget huhu.
jadi kalo di karawang, kerjaan gw paling cuman kerja, makan, tidur, kerja, makan, tidur..
kadang sempetin push up sama sit up sih.. tapi yaa ga terlalu bisa dihitung olahraga lah ya..

setelah sekitar 1 bulan, ntah kenapa sepertinya gw mulai membiasakan dengan kehidupan di pabrik.
di saat2 ini, topik untuk problem yang kita teliti uda jelas karena sudah dibimbing oleh pembimbing  jadi tinggal dilaksanakan deh.

gw pindah kos. gw ga betah sama kos gw yang awal, jadi pas gw cari2 di skitar kompleks, ternyata ada kosan yang baru
kosan yang baru sih agak lebih kotor dan terlihat bobrok dari luar.. tapiii ventilasi udaranya oke bgt, nyamuk dikit, debu ga ada!

Gw bener2 bisa dapetin tidur berkualitas di sini hihi 

mendekati masa2 hampir selesai kerja praktik, ntah kenapa gw semakin aktif. Ada beberapa hal di pabrik gw yang bikin getol sendiri, soalnya kyknya penyelesaiannya ada, tapi kadang masalah leader di pabrik dan juga beberapa alasan yang musti dikonfirmasi dulu ke leader lainnya kalo ingin melakukan perubahan ke proses pabriknya.
gw jadi aktif dan fokus utama gw: yang penting tugas ini bisa selesai dengan bagus.
Otak gw sepertinya mulai seger dan mengalir lagi.. as if I’ve found something that I’ve lost a long time ago

SEMESTER 7
gw mulai berpikir jernih. otak gw pun mulai aktif.
memang sih, banyak hal yang sekarang gw sesali soalnya semester2 lalu, gw sepertinya menjauh dari temen gw.
Gw ulang pelajaran2 di semester 5 yang gw ga ngerti ama sekali.. dan begitu uda ngulang, omaigad.. sebenernya pelajarannya simple yak ntah kenapa dulu kyknya ribet bgt. 

praktikum kali ini gw lebih kooperatif, juga ikut kontribusi dalam mengerjakan laporan.. meskipun kali ini gw masih kerja lebih sedikit karena ada satu orang yang super perfeksionis di kelompok gw.. yah what can i do? gw juga sedang mengejar ketertinggalan gw dari semester2 lalu (semester kemarennya gw ga inget apa2 sama sekali -__-)

but at least, I’m doing so much better this semester 

and until now, I’m still trying to find the balance in my world.

 

Tinggalkan Balasan

