Liburan (?)

Originally posted on 4th February 2014

 

Hola semuanya, gmn liburan tahun baru kemaren?

Liburan Desember-Januari kemaren sepertinya liburan paling berkesan buat gw.

Gw ga jalan2 ke luar negri atau ke luar kota koq.. gw balik ke jakarta doank. Tapi di Jakarta gw ga di rumah doank tentunya.

Setelah seminggu libur (libur natal-tahun baru) akhirnya gw memutuskan untuk menghabiskan liburan gw dengan part time di restoran.
Memang agak odong sih, cuman pas lagi liburan gw merasa bosen karena di rumah ga ada kegiatan apa2 (bangun siang,makan,gym,ngalong internetan,bangun siang,makan,dst..)
alhasil pas malam tahun baru. gw pun ga enak badan, agak pusing gitu.. hidup gw ga sehat amat kalo liburan gitu yak.

gw pun memutuskan harus melakukan sesuatu supaya ga looping terus. Akhirnya pas diajak makan sama tante gw di suatu resto, gw pun nanyain, bisa ga sih part time di resto ini? (mumpung gw kenal juga sama owner restonya)
dia bilang boleh, dan langsung diajakin untuk mulai 2 hari lagi (bushet). baru tau ternyata ada 2 staff yang ambil cuti saat itu, jadi lagi kurang orang.
okay, gw pun setuju dan mulai mempersiapkan diri (karena di saat yang sama, gw juga menyadari bahwa liburan gw akan segera berakhir dodol bgt ya gw.. ngapain kerja kalo gitu )

Resto gw part time namanya Tsurukamedou Jakarta, itu resto ramen paling enak di Jakarta Barat (check out their fb | twitter | instagram)

sepertinya ramen lagi mulai ngetrend ya.. ga hanya di jakarta, tapi di luar jakarta sepertinya resto ramen2 kecil mulai banyak juga termasuk di bandung. Tapi ramen di resto Tsurukamedou mungkin agak beda dari ramen yang resto lain, soalnya resto Tsurukamedou juga dikontrol kualitasnya dari cabang Jepangnya asli.

Kuahnya juga dibikin langsung di sana, dengan cara ngerebus tulang babi di suhu tinggi sampe 16 jam.. jadi kebayang kuahnya jadi kentel banget gara2 kaldu tulang babinya

Menu Makanan Tsurukamedou

Dari atas ke bawah, kiri ke kanan:
1. Gyoza
2. Tonkotsu Ramen
3. Tori Katsu
4. Tori Ramen
5. Tonkotsu Ramen
6. Tonkotsu Shishen Ramen
7. Tori Karaage
8. Tonkotsu Shishen Cashiu Ramen
9. Buta Chahan

 

enough with the promotion.. tapi emang musti dicoba ramennya

Di sana sih gw kerja 8 jam sehari ya tergantung shift dan masuk hampir tiap hari.
Jadi waiter di sana sih susah2 gampang kali ya? 
musti belajar menjelaskan ke pelanggan biar orangnya ngerti, hapalin promo resto, cara megang kasir, cara menyambut tamu.. karena di sana budaya Jepang kadang musti pake bahasa Jepang buat ngelayanin tamu dari selamat makan, silakan duduk, maaf menunggu lama, dsb (di sana orang Jepang banyak dateng, biasanya Sabtu siang.. sign of a good resto )

Jadi waiter itu ada sukanya.. yang penting pelanggan dateng dan bisa melayani tamu dengan baik
kadang ada yang suka bawa anaknya, jadi akhirnya main dengan anaknya.
kadang ada pelanggan yang suka ngasih tips mayan gede, dan terlihat juga di muka pelanggan kalo puas dengan service

jadi waiter itu ada dukanya juga.
kalo misalkan ada yang cantik atau cakep kita cuman bisa mantengin dari jauh (apalagi buat gw, suka banyak yang ganteng juga, orang baru pulang kerja ataupun anak kuliahan    )
waktu itu aja ada yang pamerin perut six packnya dia ke temen2 cewenya.. dan gw dari jauh cuman bisa  (aku juga pengen pegang kakak  )
kalo misalkan ga ada pelanggan, bosennya minta ampun! jadi waiter itu lebih seneng ada kerjaan dan malah ga kerasa capeknya.. kalo udah ga ada kerjaan, lebih kerasa capeknya 

jadi waiter juga musti hati2.. gw pernah 2x kecelakaan sama botol minum ades karena botolnya gampang banget jatoh soalnya bawahnya ga bener dan ga kuat (that bottle is a really shitty design!  )

pertama gw lagi bawa botol itu tray.. eh botolnya jatoh padahal baru berapa langkah, terus traynya basah deh kena minuman lain..
kedua, gw uda naro semua makanan di meja tamu, terakhir gw musti taro bon kecil di meja karena semua makanan uda keluar, uda selesai taro, tangan gw angkat dong.. kesenggol dikit lah adesnya langsung jatoh, terus adesnya kena tempat kecap terus kecapnya muncrat ke baju sama muka tamunya

lagi sue bgt gw..

 

resto gw itu terletak di Taman Ratu, dan Taman Ratu adalah tempat rawan banjir! buat yang orang jakarta pada tau lah ya belakangan ini lagi ujan suka ga nanggung2 kalo uda gede..
tiap kali uda banjir, resto gw pasti tutup.
Foto2 sama video2 banjir ada di tumblr atau instagram gw (niat ya gw buat ngerekamin  )

tapi kalo misalkan pengen langsung liat:

ini foto dari sesama staff tadi siang bgt.. gw juga kaget banjirnya bisa sampe segitu..
kalo misalkan daerah depan resto aja yang tinggi uda segitu, di tengah jalan mungkin sepinggang kali

cukup sekian cerita kali ini. pengen share lagi tapi tunggu ah.. 

Tinggalkan Balasan

